Jumat, 10 Oktober 2008

Lapak Digusur, Pedagang Melawan; 18 aktifis SRMI ditangkap!

Jumat, 10 Oktober 2008

Magelang, Jawa Tengah (09/10/07): Ratusan massa menggelar aksi massa menolak rencana pemkot Magelang yang akan menggusur Ratusan PKL Jalan Mataram, dekat Pasar Rejowinangun Kota Magelang, Jateng, Kamis (9/10). Massa yang tergabung dalam Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) menilai bahwa kebijakan tersebut meminggirkan ratusan orang yang menggantungkan ekonomi keluarganya di daerah tersebut.

Sekitar pkl.04. 30 s/d 10.00, petugas gabungan dari Pemkot Magelang, Pamong Praja dan Polres Magelang menggelar penertiban, dengan mengambil paksa lapak-lapak milik pedagang yang kemudian diangkut paksa kekantor Pemkot. Tindakan Pemkot yang tidak manusiawi ini kontan membuat pedangan marah dan berusaha melakukan perlawanan. Dengan dukungan aktifis SRMI, para pedagang mencoba mempertahankan lapak mereka namun dihalalu oleh petugas.

Siang harinya, 400-an massa SRMI melakukan aksi protes dengan melakukan longmarch dari Pasar Rejowinangun menuju kantor Pemkot, untuk melakukan dialog. Akan tetapi, pihak pemkot dan kepolisian justru tidak memperlihatkan itikad baik untuk bernegosiasi, malah memblokir pintu masuk kantor Pemkot dengan portal. Melihat perilaku petugas pedagang akhirnya marah dan melakukan aksi duduk dijalan, sebagai symbol protes. Dengan tiba-tiba, pasukan kepolisian dan Satpol PP dengan membabi buta menyerang massa aksi yang notabene rata-rata ibu-ibu yang sudah lanjut usia. Akibatnya, beberapa ibu-ibu terinjak-injak oleh aparat, beberapa orang terjatuh ke selokan, dan beberapa aktifis dan pedangan yang tertangkap dipukuli, di-injak-injak, dan diseret oleh pihak kepolisian.

Sekitar 18 orang aktifis SRMI, beberapa orang caleg, dan pedagang, ditangkap oleh polisi, diantaranya; Agus Priyanto (Esknas LMND dan Caleg DPR-RI dari PBR), Wahyu Sukma Hadi (Ketua SRMI Jateng) dan Pramilo (Ketua SRMI Kota Magelang), Petrus Wijanarko, Paulus Rudi Aryanto, Narji, dan Rohadi. Sampai berita ini diturunkan, masih ada 4 orang aktifis dan pedagang yang ditahan oleh polresta Magelang.

Masukkan dukungan dan solidaritas anda ke email ; dpn_srmi@yahoo.comAlamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya , dan selanjutnya disebar kepada pihak terkait. (Rh)

2 Comentários:

Ronny Kemala Suwandi mengatakan...

SALAM DRI ANAK CIANJUR

sneev mengatakan...

Salam Pembebasan dari Malang!!!!

Followers

Cianjur Berlawan © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO